Selamat Datang
di Ruang Belajar

Makhluk Hidup di Sekitar Kita

 

 

Makhluk Hidup di Sekitar Kita

Ada banyak makhluk hidup disekitar kita. Makhluk hidup adalah manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Semua makhluk merupakan kekayaan yang harus kita syukuri. Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri tertentu. Sebagian besar makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu bergerak, bernapas, berkembangbiak, tumbuh, makan, dan peka terhadap rangsang.

Cicak adalah salah satu contoh makhluk hidup, ikan juga merupakan salah satu contoh makhluk hidup. Cicak dan ikan memiliki persamaan dalam cara berkembang biak. Keduanya berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dan Cicak bertelur dalam jumlah banyak. Contohnya salah satu jenis ikan, yaitu ikan mas, yang sekali bertelur dapat menghasilkan lebih dari seribu butir telur.

Makhluk hidup dapat bergerak dengan cara yang berbeda-beda. Manusia berjalan menggunakan kaki. Ikan berenang dengan sirip. Cicak merayap di dinding. Makhluk hidup dapat bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup berbeda-beda. Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang

Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya bertambah ukuran tinggi dan beratnya. Makhluk hidup dapat berkembang biak. Cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-beda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan.

Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsang berbeda-beda. Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang menyilaukan lainnya, dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika disentuh.

Salah satu ciri makhluh hidup adalah berkembang biak dan tumbuh

 

Ayam berasal dari telur yang menetas menjadi anak ayam. Kemudian, anak ayam tumbuhh menjadi dewasa. Setelah dewasa, ayam betina menghasilkan telur kembali. Anak ayam sangat lucu untuk dilihat dan dimainkan. Tetapi, harti-hati induk ayam akan marah jika kita mengganggu anaknya.

Tuhan menciptakan makhluk hidup untuk saling memberikan manfaat.

Ayam sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Daging dan telur ayam dapat memenuhi kebutuhan manusia. Pengembangbiakan adalah cara untuk menghasilkan daging dan telur ayam dalam jumlah banyak. Untuk itu dibuatlah sebuah peternakan. Peternakan dapat menghasilkan ternak ayam dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat

Ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Tumbuh artinya bertambah ukuran baik berat maupun tinggi. pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh makanan dan juga kebiasaan olahraga. Olahraga ada bermacam-macam cara. Salah satunya adalah dengan permainan.